Minggu, 06 November 2016

Membentuk Kebiasaan

Ada hal yang menarik dari buku The Conglomerat Mindset by Abdul Madjid Al Zindani. Secara umum, dia membahas cara menjadi konglomerat, tetapi ada bahasa khusus tentang membentuk kebiasaan membaca buku.

Menurut dia, membiasakan membaca buku atau membentuk kebiasaan mempunyai cara tertentu. Selain kegiatan yang terus diulang-ulang, ada tambahannya, yaitu

            "Pola membiasakan diri untuk membaca dimulai dari satu bulan pertama, yakni mulailah terbiasa membaca buku paling tidak 10-15 menit setiap harinya. Kenapa perlu menentukan lama waktu membaca? Sebab kebanyakan bagi yang baru akan memulai membiasakan diri untuk membaca akan menyulut semangat berlebih di dalam dirinya. Ia bisa membaca dalam waktu berjam-jam lamanya. Sehari-hari tiada kesibukan selain  membaca. Namun dengan cara itu justru kebiasaan membaca hanya akan bertahan dalam waktu 6-7 hari, setelahnya kebiasaan itu akan hilang lagi.

         Kenapa bisa demikian? Karena dengan cara Spartan seperti itu secara tak sadar telah membuat psikologi di dalam diri menganggap bahwa membaca buku merupakan sebuah beban berat. Sebab untuk membaca buku akan selalu membutuhkan waktu yang lama. Maka tak heran bila hal itu justru akan membuat diri makin hari makin malas membiasakan diri untuk membaca buku. Akan muncul juga alasan-alasan dan pertentangan dalam diri setiap kali hendak membaca. Inilah kenapa perlu ada pembatasan lama waktu membaca buku dalam tahap awal membiasakan diri. Sebab diperlukan adaptasi secara perlalah di dalam diri."

Jadi, selain rutin, juga perlu waktu yang efektif. Hal ini untuk menjaga stamina dan mental dalam membentuk kebiasan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar